TOKOH GURU DISIPLIN DAN INSPIRATIF

Berikut akan saya sajikan teladan guru-guru yang disiplin dalam menjalani kehidupannya, sehingga membuahkan hasil yang dahsyat dan spektakuler. sebagai seorang guru, kita harus bisa meneladani kedisplinan mereka.
KH. MA. Sahal Mahfudh
Ulama besar asal Kajen, Pati ini adalah sosok guru yang sangat disiplin dalam menjalani hari-harinya. Waktunya tidur, makan, sholat, menerima tamu, dan mengajar ditentukan dengan tepat dan dijalankan dengan tepat pula. 
Ketika mengajar, beliau sudah datang terlebih dahulu sebelum waktunya tiba. Karena itu, ada rasa segan yang memancar dari wajah kiai besar ini. Kedisiplinan beliau berdampaka kepada murid-muridnya. Ketika beliau mengajar, nurid - murid datang lebih pagi lagi daripada beliau karena takut terlambat dan didahului gurunya.
Keteladanan beliau dalam hidup disiplin juga ditunjukkan dalam hal makan. Beliau selalu makan sesuai jadwal waktu yang ditentukan. Menerima tamu pun diberi jadwal khusus, tidak sembarangan. Beliau juga sangat menjaga kesehatan. menurut beliau, salah satu tanda kebugaran fisiknya adalah disiplin makan, istirahat, dan beraktivitas, tidak memaksakan diri.

Hasilnya benar - benar spektakuler. Beliau tampil sebagai puncak di lembaga Nahdlatul Ulama', sebagai Rais Am; dan Majelis Ulama' Indonesia, sebagai ketua umum pusat. Berbagai jabatan dipegang beliau dengan sukses. Perguruan Islam Matholi'ul falah, sebuah lembaga pendidikan agama pencetak kiai yang beliau pimpin sejak muda dikenal sangat sukses. Lembaga pendidikan ini sukses menelurkan alumni dalam jumlah besar yang bertebaran hampir seluruh Indonesia. Alumni lembaga ini juga banyak yang meneruskan belajar di luar negeri, seperti Makkah, Madinah, Mesir, Pakistan, Sudan, dan Syiria.
Kedisiplinan Ki Sahal bisa mempengaruhi pencapaian cita-cita dalam hidup ini, baik cita-cita individu dan sosial kemasyarakatan. 
(adapted from Tips Mejadi Guru Insiratif, Kreatif, dan Inovatif by Jamal Ma'mur Asmani)
meski saya belum pernah nyantri / belajar pada beliau saya yakin beliau adalah ulama', dan guru inspiratif, yang menginspirasi murid-muridnya, buktinya beberapa teman-teman saya yang pernah nyantri/belajar dengan beliau sekarang jadi orang2 pintar dan intelek, cerdas dan bisa diandalkan.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar