BAGAIMANAKAH GURU IDEAL ITU?

             Sosok Guru adalah sosok sentral dalam kegiatan belajar mengajar. Pembahasan tentang guru ini selalu menarik, karena ia adalah kunci pendidikan. Artinya, jika guru sukses, maka kemungkinan besar murid-muridnya akan sukses. Guru adalah figur inspirator dan motivator murid dalam mengukir masa depannya. Jika Guru mampu menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi anak didiknya, maka hal itu akan menjadi kekuatan anak didik dalam mengejar cita - cita besarnya dimasa depan. 

               Guru siapa sih yang pantas disebut guru.......???????
              
Menurut Prof. Herawati Susilo MSc Ph.D pakar pendidikan Universitas Negeri Malang, ada enam kriteria
guru masa depan (ideal), yaitu belajar sepanjang hayat (Long life education),  literate sains dan tekhnologi, menguasai bahasa inggris dengan baik, terampil melaksanakan penelitian tindakan kelas, rajin menghasilkan karya tulis ilmiah, dan mampu mendidik peserta didik berdasarkan filosofi konstruktivisme dengan pendekatan konstektual.
              Berdasarkan keterangan diatas guru ideal / guru masa depan adalah pertama, guru yang ideal adalah guru yang rajin membaca dan menulis. Barang siapa yang rajin membaca, maka ia akan kaya ilmu. Namun bila kita masl membaca maka akan miskin ilmu. seorang guru selalu meng upgrade ilmu yang telah dimilikinya dengan membaca surat kabar,  melihat berita di televisi, dan selalu update pada perkembangan ilmu pengetahuan. Guru yang rajin membaca dan berpengetahuan luas otaknya ibarat mesin pencari "Google" di internet. Bila ada peserta didiknya yang bertanya, memori otaknya langsung bekerja mencari jawaban dengan cepat dan tepat.
                 Kedua, Guru ideal adalah guru yang sensitif dengan waktu, orang barat bilang Time is money waktu adalah uang. Dan bagi guru waktui itu lebih dari uang, bahkan waktu bagaikan sebilah pedang yang tajam yang dapat membunuh siapa saja, termasuk pemiliknya. Guru harus bisa memanfaatkan waktu yang ada dengan semaksimal dan efesien mungkin. Manajemen waktu harus diatur yang bagus dan hargai waktu itu jangan samapi membuang waktu dengan percuma.

1 komentar:

  1. makasih banyak buat penjelasan tentang guru ideal .. It's very helpful :)

    BalasHapus